Jangan Terbelenggu Oleh Masa Lalu


JANGAN  TERBELENGGU OLEH MASA LALU
Apa pun masa lalu kita, itu semua sudah usai. Tak ada yang dapat kita lakukan untuk mengubah apa yang sudah berlalu. Karenanya kita harus memusatkan perhatian pada masa kini. Memang sulit untuk menahan kodaan untuk tidak mengingat apa yang sudah terjadi. Namun, jika kita ingin berhasil dalam kehidupan , kita harus mengalihkan perhatian kita keapa yang sedang terjadi pada kita sekarang.
Jika kita mengenang masa lalu karena rasa penyesalan, maka kita harus yakin bahwa kita tak mungkin kembali lagi dan membetulkan apa yang telah kita lakukan. Jika kita terbelenggu oleh rasa bersalah, kita hanya merusak diri sendiri.
Tak ada yang dapat kita lakukan untuk menghapus semua itu. Yang dapat kita lakukan adalah berusaha untuk tidak membuat keputusan buruk lagi. Hanya itu yang diharapkan orang dari kita, yaitu bahwa kita tahu kita bersalah dan berusaha sekuat tenaga untuk tidak mengulanginya lagi.
Setiap hari yang kita jalani adalah sebuah awal baru yang segar.kita dapat memanfaatkan hari-hari tersebut untuk mewujudkan apa yang kita inginkan, menulis apa yang ingin kita tulis di kanvas kosong. Pada saat-saat pertama sangat sulit, namun kalau kita tekun, maka suatu hari kita akan menikmati tanpa keterpaksaan. Namun, memulainya benar-benar sulit dan memerlukan kekuatan yang luar biasa dalam bentuk konsentrasi, antusiasme, dedikasi, dan ketekunan.
Cobalah untuk melihat masalalu sebagai sebuah ruang yang terpisah dari ruang yang kita tinggali sekarang. Kita dapat memasuki ruang tersebut, namun kita tidak tinggal disitu lagi. Kita dapat mengunjunginya, namun ruang itu bukan tempat kita lagi. Tempat kita disini sekarang. Setiap detik dari saaat ini sangatlah berharga. Jangan menyia- nyiakan waktu yang demikian berharga ini dengan sibuk melihat kebelakang, atau kelak kita akan sibuk mengenang saat ini dan bertanya-tanya mengapa kita menyia-nyiakannya. Hiduplah di sini, sekarang saat ini.
1 Response